Minggu, 28 Juli 2013

Penyumbang Emas Tugu Monas



Para sobat blogger, kali ini saya akan menulis tentang TUGU MONAS. pasti semua orang ikon jakarta yang satu ini tapi orang juga banyak yang tidak mengetahui siapa orang yang telah menyumbangkan emas di Monas. lalu siapa dia ? mari kita simak.


Ternyata 38 kg emas. di puncak tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta, 28 kg di antaranya adalah sumbangan dari Teuku Markam , Namun tak banyak yang tahu, bahwa Teuku Markamlah. salah seorang saudagar Aceh yang pernah menjadi orang terkaya Indonesia. saudagar Aceh.,,,!!!

Teuku Markam pernah memiliki sejumlah kapal, dok kapal di Jakarta, Makassar, Medan, Palembang. Ia pun tercatat sebagai eksportir pertama mobil Toyota Hardtop dari Jepang. Usaha lain adalah mengimpor plat baja, besi beton sampai senjata untuk militer.

Yang pantas dicatat dalam memajukan perekonomian Indonesia di zaman Soekarno, hingga menempatkan Markam dalam sebuah legenda.

Namun Peran Markam menjadi runtuh seiring dengan berkuasanya pemerintahan Soeharto. Ia ditahan selama delapan tahun dengan tuduhan terlibat PKI. Harta kekayaannya diambil alih begitu saja oleh Rezim Orba.

Pernah mencoba bangkit sekeluar dari penjara, Ironisnya Tahun 1985 ia meninggal dunia. Ahli warisnya hidup terlunta-lunta sampai ada yang menderita depresi mental.

Buat kita yg merasa bangga. Mengingat peran yang begitu besar dalam percaturan bisnis dan perekonomian

0 komentar:

Posting Komentar

CONTENT BLOGGER HERE


CONTENT FACEBOOK HERE
IP